Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online

Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online -  Sudah hampir setahun lalu ngidam sebuah Action Camera (action cam) karena lihat youtube lumayan menghasilkan. Awalnya sih cuman iseng-iseng masukin video tentang review game MMORPG terbaru di youtube. Tanpa ilmu ngedit video, tanpa ilmu ngedit gambar buat tumbnail, tanpa ilmu dubbing video pokoknya asal-asalan aja deh. Ternyata ada yang lihat itu video, mungkin karena aku juga ngerasa perlu ada video orang main game mmorpg sebelum mendownloadnya. kan mubazir kuota dan waktu ternyata game yang kita sudah download ternyata nggak sesuai harapan. Maka dari itu aku buat channel youtube ASM project (promodikit gak papa lah ya).

Tetapi karena berat badan yang terus bertumbuh, bentuk badan sudah tidak ideal lagi karena kebanyakan depan komputer akhirnya tuh channel kagak di update lagi. Sebagai gantinya kepingin tetap ber youtube ria, tetapi sembari membaut badan kembali seperti dulu lagi. Akhirnya setelah lihat sini lihat sana sepertinya tema youtube tentang olahraga sedikit. "Sekali melangkah dua tiga pulau terlampaui" sekalian olahraga sekalian main di youtube. Tetapi tetap aja masih ada kendala, kamera yang merekam juga harus sesuai donk. Akhirnya ngidam deh action cam, agar menunjang gambar yang baik dan benar. setelah setahun dan banyak pengeluaran ini itu, akhirnya kekumpul juga ni uang buat beli action cam.  Jadi ini adalah pengalaman Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online.

PENENTUAN BUDGET

Sebelum membeli kita harus menentukan kisaran harga berapa action cam yang akan kita beli. Berhubung aku masih anak cen-cen jadi awalnya kepingin beli yang harganya Rp 200-300 Ribuan doank. Kalau di pikir mrah banget ketimbang beli merek go-pro yang sampai 7 jutaan pada waktu itu. Akan tetapi harga mini pasti kualitas juga mini, sampai suatu saat nggak sengaja cerita dengan sorang photograper sekaligus videographer yang cerita kalau ada action cam yang lumayan bagus merek B-pro dengan kisaran harga 1 Jutaan lengkap dengan semua aksesorisnya. Akhirnya aku mengurungkan diri beli yang merk murah tadi dan ingin menabung buat beli yang lebih bagus, makanya nambungnya sampai setahunan hehe.

MELIHAT SEMUA MERK DENGAN HARGA SEIMBANG

Sembari menanbung aku juga penasaran dengan action cam lainnya. Jadi tempat yang paling efisien di Zaman ini sebelum berbelanja jan membandingkan harga adalah toko online. Ada banyak action cam di toko online, dan ada satu yang menarik perhatian saya selain B-pro tadi, yaitu Xiaomi Yi. Kenapa merk itu menarik perhatian, karena begitu muncul di handphone merk tersebut menjadi seperti referansi hanphone harga murah kualitas tinggi. Jadi pada akhirnya aku juga mempertimbangkan untuk membandingkannya dengan merk yang di rekomendaikan tadi.

MENENTUKAN MERK YANG AKAN DI BELI

Setelah kita melihat semua merk dengan harga yang berbeda tipis, maka kita harus tahu kebutuhan kita untuk apa. Untuk membandingkan mana yang akan kita beli nantinya maka kita harus meriset apakah barang tersebut sesuai keinginan kita atau tidak. Untuk merisetnya kita bisa melihat komen-komen mengenai barang tersebut di toko online, bisa juga melihat review blog seperti blog ini, bisa juga melihat detainya di youtube, terakhir bisa juga datang ke toko melihat barangnya langsung, tapi tidak membeli (maap yah toko yang aku datangin tapi nggak beli). Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya kita tahu mana yang akan di beli kan ? dan aku juga akhirnya memilih Xiaomi Yi karena gambar dan penangkapan suaranya bagus, walau kekurangannya tanpa aksesoris, dan gambar sedikit gelap ketimbang yang lain.

MEMILIH TOKO ONLINE

Hari ini sudah banyak toko online, tapi lebih saya sarankan pilih toko online yang ikut campur pihak ketiga. Misalkan tokopedia, bukalapak, elevenia, belibeli, lazada, atau kaskus tepi transaksi via rekber. Sehingga tingkat kecurangan pada penjual dan pembeli itu kecil. Kemudian jangan malas melihat review komen orang yang membeli sebelumnya, mungkin aja ada kelemahan barang yang datang dari toko tersebut. Memilih harga yang termurah boleh saja, tapi lihat juga tingkat toko tersebut, bisa saja barangnya murah tapi nggak pernah mengirim barangnya, walaupun kita nggak rugi, tapi cukup buang waktu sia-sia karena biasanya proses pembatalan 5 hari kerja. 

Pilih juga toko yang sudah banyak menjual barang tersebut atau barang lainnya, biasanya semakin banyak yang sudah di jualnya maka semakin ahli mereka dalam membungkus barang, sehingga barang yang sampai ke rumah kita tidak terlalu lama. paling-paling kurirnya yang lama. Jangan lupa juga memasukan keteranagan warna atau spesifikasi apa yang bisa di pilih pada keterangan sebelum mebeli. kalau ada waktu luang yang banyak bisa juga komunikasi terlebih dengan si pedagang via nomor telepon agar lebih yakin. Pastikan juga kita mencentang asuransi kalau membeli peralatan elektronik, agar kurir nggak main asal banting-banting aja.

SETELAH BARANG SAMPAI

Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online
Xiaomi Yi (kotaknya)
Setelah barang sampai jangan buru-buru buka gadget untuk konfrim barang sudah di terima. Tapi coba cekd dulu barang tersebut apakah sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak. Misalkan kesalahan warna, ukuran, bentuk, atau bakan kesalahan barang bisa saja terjadi. Fungssi memaikai pihak ketiga kita bisa komplain agar barang yang kita inginkan bisa sampai dengan keinginan kita. Pergunakan dulu barang tersebut baru konfirmasi, terutama barang elektronik bisa saja barang yang di kirim tidak berfungsi atau spesifikasinya tidak sesuai.

Terakhir jangan lupa memberikan review atau komentar yang sejujurnya kalau ada komplain di barang tersebut agar calon pembeli selanjutnya bisa memahami. Misalkan barangnya tidak memiliki warna yang secerah di gambar, hal tersebut masih bisa di toleransi tetapi sangat bermanfaat untuk lpembeli selanjutnya. Sukurnya action cam yang sampai ke rumah tanpa cacat dan hasilnya sangat memuaskan bisa di lihat dari video ini.


Sekian pengalamanku Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online,  semoga dapat menajdi referensi dan petunjuk untuk berbelanja online cerdas. Jangan lupa banyak-banyak minum air putih biar sehat. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Memilih Action Camera Jika Berbelanja Di Toko Online
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

12 komentar

Tulis komentar
avatar
9 October 2016 at 22:53

bg ngedit video pake apa? pliss kasih tauuuu, aku mau coba2 rekam buat video dota game yg aku mainin tiap hari

Reply
avatar
9 October 2016 at 23:39

Camtasia 8 hehe, bisa sekalian rekam screeen, kalau suara dubbingnya pakai hape . baru di gabungin

Reply
avatar
10 October 2016 at 00:45

Di rumah kebetulan juga ada action cam G*P** cuma jarang dipake. Biasanya dibawa kalo pas ngetrip aja :).

Reply
avatar
10 October 2016 at 07:53

awak ngumpulin duit dululah baru tebeli action cam

Reply
avatar
10 October 2016 at 08:31

hape baru kan ada bang, maenkan aja itu :V

Reply
avatar
10 October 2016 at 17:23

kelemahan yi cam hasilnya agak gelap kalau ga ngelewatin proses edit bg, padahal klo di di gopro warnanya bisa lebih cerah. btw kotaknya beda sama xiaomi yi punya iyah ehehe. yicam abang warna apa?

Reply
avatar
10 October 2016 at 18:02

beda tahun produksi mungkin makanya beda kotak. Hitam

Reply
avatar
11 October 2016 at 22:54

Makin eksis lah bg salim pake action cam eaaak

Reply
avatar
12 October 2016 at 02:04

lumayan jauh juga ya sepedaan nya :D

Reply
avatar
12 October 2016 at 02:11

demi badan yang semakin besar :D

Reply